Networking 101: Pemahaman Routing BGP

By Charlie Schluting | Jun 23, 2006

Border Gateway Protocol merupakan protokol routing internet. BGP sendiri tidak terlalu kompleks, tetapi konsep routing dibalik autonomous system dapat menjadi aneh bagi orang baru (newbie). Pada artikel ini kami berharap memberikan gambaran singkat bagaimana BGP berkerja, sepanjang permasalahan dapat diselesaikan.

Melalui Gambaran dari Routing Internet minggu kemarin, kamu harus menyadari bahwa dalam internet berisikan dua bagian: internal internet yang dimanage oleh IGP seperti OSPF, dan hubungan antar Autonomous system yang melalui BGP.

Setiap orang yang menggunakan internet memiliki paling sedikit satu nomor unik AS (autonomous system), dan mereka menggunakan BGP untuk menyebarkan jaringan mereka kepada jaringan peer/tetangga. Routing BGP adalah protokol path-vector oleh karena itu BGP mengadvertise hanya jalur yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. BGP tidak menjelaskan bagaimana sebuah paket akan dirutekan dalam suatu AS, tidak seperti yang dilakukan OSPF. BGP dapat disebut protokol distance-vector karena memiliki kesamaan walaupun sedikit.

BGP sendiri adalah protokol layer 4 yang berada diatas TCP. BGP jauh lebih sederhana daripada OSPF, oleh sebab itu tidak perlu mengkuatirkan sesuatu karena TCP akan mengatasi hal tersebut. Hal ini terjadi karena BGP sangat connection-oriented sekali, yang memerlukan dua konfigurasi manual antar  peer untuk mengkonfigurasi router setelah itu dapat saling bertukar informasi rute. BGP peer (tetangga) umumnya dikoneksikan langsung, tetapi pada kasus lain seperti membangun sesi BGP antara peer multi-hop mungkin lebih baik tidak secara manual. Sejak BGP menggunakan TCP (port 179), BGP tidak mengandalkan broadcast dan multicast.

Update paket BGP-4 berisikan: sebuah jaringan(network), sebuah subnet, dan beberapa attribut. BGP membuat suatu keputusan berdasarkan attribut, khususnya attribut AS-path. Sebuah BGP update terdiri dari informasi berikut ini: “saya dapat menuju jaringan 1.1.1.0/12 via AS dengan nomor AS 8,19,2000,5.” Aspek yang paling penting untuk mengerti BGP adalah bahwa AS-path adalah suatu mekanisme yang anti loop. Router tidak mengimport rute apapun yang mengandung informasi mereka sendiri pada AS-path.

jika kamu sebagai router ingin mengimport sebuah rute kemudian mengadvertise rute tersebut kepada peer, kamu harus mempersiapkan AS sendiri untuk  mendapatkan AS-path sebelum mengumumkan rute tersebut. Secara natural, ini menyediakan satu jalur yang dapat digunakan sebagai rute untuk diadvertise dari AS sumber. Umumnya tapi tidak selalu terjadi, router akan memilih jalur terpendek menuju ke sebuah AS. BGP hanya mengetahui jalur tersebut  berdasarkan update yang diterima. Tidak seperti RIP (menggunakan protokol distance-vector), BGP tidak membroadcast seluruh informasi tabel routing ini. Peer/tetangga yang akan menhandel entri tabel mereka tetapi setelah itu akan mengandalkan informasi update yang diterima.

Update rute ditempatkan pada routing information base (RIB). Suatu tabel routing hanya menyimpan satu rute per satu tujuan, tetapi RIB biasanya terdiri dari banyak jalur menuju ke sebuah tujuan. Terserah kepada router untuk menentukan rute mana yang akan disimpan dalam abel routing, misal jalur mana yang benar-benar digunakan. Pada suatu kejadian dimana sebuah rute ditarik kembali (withdrawn), rute lain menuju ke tujuan yang sama dapat digunakan sebagai gantinya. RIB hanya digunakan untuk melacak rute yang dapat digunakan. Kita tidak pernah mengadvertise suatu rute ke peer yang tidak digunakan, karena dapat menjadi informasi yang salah. Kita hanya mengadvertise apa yang kita dimiliki dalam tabel routing. Apabila suatu rute yang ditarik kemudian diterima ini hanya tampak pada RIB, kita tidak perlu mengirim update kepada peer/tetangga kita, malahan kita menyembunyiakan update tersebut dari RIB. Entri RIB tidak pernah
habis, mereka selalu melekat hingga kita berpikir bahwa rute tersebut tidak lagi valid.

Kebanyakan routing di internet didasarkan pada kebijakan/policy. Terkadang kamu memiliki banyak link yang mahal yang kamu perlukan, atau mungkin kamu akan memiliki link yang hanya dapat digunakan untuk mengirim trafik ke tujuan tertentu. Sering sekali attribut BGP “community” digunakan untuk mengidentifikasi sekumpulan rute. Apabila kamu mengingikan tetangga kamu mengetahui informasi-informasi rute penting, kamu dapat menentukan nomor community nya sebelum mengirim/export rute-rute tersebut. community ini benar-benar terserah kepada kita yang menentukannya, apapun yang kita kirimkan harus disetujui.

Attribut BGP penting lainnya adalah Multi-Exit Discriminator(MED). Attribut ini digunakan untuk memberitahu sebuah AS remote yang lebih kita utamakan sebagai titik keluar walaupun mungkin masih banyak titk lainnya. Hal ini sangat penting bagi BGP.

Untuk memperoleh pemahaman bagaimana BGP bekerja, attribut ini sangat penting dibahas apalagi menyangkut routing di internet.

Pertama, kita memiliki masalah besar menyangkut tabel routing yang semakin bertambah besar. Apabila seseorang memutuskan meng-deaggregate sebuah jaringan yang singel prefix /16, jaringan tersebut berpotensi akan mulai mengadvertise ratusan rute-rute yang baru. Setiap router di internet akan memperoleh rute baru manakala hal tersebut terjadi. Orang-orang secara terus-menerus dianjurkan untuk mengaggregasi atau menggabungkan banyak rute menjadi satu/singel advertise. Aggregasi tidak selalu dianjurkan, khususnya jika kamu ingin menghentikan sebuah prefix /19 menjadi dua prefix /20 yang mana secara geograpis terpisah. Tabel routing saat ini hampir mendekati 200.000 rute, dan kedepannya rute tersebut akan semakin bertambah lagi.

Kedua, selalu ada potensi bagi seseorang untuk mengadvertise internet. Apabila seorang customers tiba-tiba memutuskan meng-advertise semua rute dan ISP menyetujui rute tersebut,  seluruh lalu lintas/traffic internet akan dikirimkan kepada AS dengan customer kecil. Ada solusi sederhana bagi kasus seperti ini, solusi ini disebut penyeleksian/filtering. solusi sederhana ini dengan membuat filter sehingga router kita tidak ingin menerima rute dari custumer yang tidak diijinkan masuk, tetapi ISP besar tetap mengijinkan “defaultnya” dari peer/tetangga yang kemungkinan tidak mampu menyediakan AS trasit.

Terakhir, kita menuju ke flapping. BGP memiliki mekanisme untuk menahan “hold down” rute-rute yang terlihat berlapis-lapis. Rute-rute flap yang datang dan pergi biasanya tidak cukup handal untuk mengirimkan trafik. Apabila rute flap sering kali terjadi, beban seluruh rute internet akan meningkat disebabkan oleh proses update setiap kali orang tidak muncul dan muncul kembali. Dampening akan mencegah peer BGP dari routing update yang diterimanya dari peer flapping. jumlah Waktu cukup banyak meningkat secara eksponensial setiap kali flap ini terjadi. Ini akan menggangu ketika kita memiliki link yang salah, sejak itu lebih dari satu jam sebelum kita dapat menjangkau situs-situs internet kembali. Hal ini sangat penting dipahami.

Artikel ini merupakan diskusi singkat tentang BGP, tetapi cukup untuk mengetahui hal-hal yang perlu untuk mengenal BGP. Luangkan waktu untuk membaca RFC apabila kamu diberi tugas mengoperasikan router BGP.

Ringkasan

  • BGP merupakan protokol path-vector yang menyediakan informasi routing bagi autonomous system pada internet melalui attribut AS-path BGP.
  • Peer dikonfigurasi secara manual untuk bertukar informasi routing adalah melalui koneksi TCP kemudian mulai mendengar BGP peer lain. Tidak ada pencari/penentuan informasi pada BGP.
  • Untuk bisnis ukuran sedang yang masuk kedalam kategori BGP biasanya untuk tujuan multi homing jaringan mereka.

http://www.enterprisenetworkingplanet.com/netsp/article.php/3615896/Networking-101-Understanding-BGP-Routing.htm

1 comment
  1. ululf01 said:

    Terimakasih gan penjelasan dalam artikelnya bermanfaat

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: