Issue: IPv6

Bangun Ruangan untuk 2 Miliar Pengguna Online Selanjutnya

Tertarik berpindah ke internet seperti saat ini? Mungkin sudah terlambat. Internet benar-benar sudah kehabisan tempat. Menurut NRO (Number Resource Organization), alamat IPv4 dunia secara resmi akan habis pada februari 2011.

Banyak orang yang beruntung bisa mengakses internet ibaratnya seperti sebuah media besar  penuh dengan yang ide-ide tak terbatas. Akan tetapi untuk mengkomunikasikan ide tersebut  komputer kita memerlukan alamat yang unik untuk bisa diidentifikasi, alamat unik ini disebut sebagai alamat Internet Protocol (IP).

Saat ini lebih banyak kita menggunakan IPv4. Artinya pemakaian seri empat nomor IP ini akan diberikan sebuah alamat unik yang bersifat online untuk masing-masing komputer user.

Seperti halnya suatu daerah baru yang sedang dikembangkan. Rumah akan menempati beberapa titik daerah tersebut hingga seluruh rumah dapat menempati masing-masing titik dalam daerah tersebut. Solusinya adalah? Internet Protocol version 6 atau lebih dikenal IPv6.

World IPv6 Launch

Yang paling utama adalah ISP (Internet Service Provider), produsen peralatan jaringan, dan perusahaan web diseluruh dunia secara bersama-sama menetapkan pada tanggal 6 juni 2012, IPv6 akan aktif untuk produk dan lanyanan mereka. Diselenggarakan oleh Internet Society (ISOC), dimana telah mensukseskan event World IPv6 day pada 8 juni 2011, World IPv6 Lunch merupakan tonggak utama dalam pengembangan IPv6 global. Sebagai penerus dari IPv4 yang saat ini digunakan, IPv6 sangat penting untuk pertumbuhan internet kedepan sebagai platform untuk pengembangan inovasi dan ekonomi.

Temukan cara untuk bergabung pada World IPv6 Launch.

Ada Apa Dengan IPv6?

Sebagai salah satu alasan, beralih ke IPv6 kelihatannya tidak terlalu terburu-buru. Bagaimanapun program-program yang kita gunakan masih dapat bekerja serta pengalaman-pengalaman internet tetap akan digunakan. Tetapi hal tersebut tidak akan seterusnya bertahan demikian.

Kurangnya alamat internet berarti pada akhirnya:

  • Program web favorit kita akan berjalan lambat.
  • Komputer membutuhkan waktu lebih lama berkomunikasi dengan komputer lain, sehingga kemampuan menawarkan lanyanan (seperti Skype) semakin sulit.
  • Privasi kita dapat terganggu akibat memisahkan seluruh alamat, sulit membedakan antara komputer kita dan komputer orang lain sedang bekerja.

Copyright & Translated From Internet Society

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: