IPv6 Untuk Dunia Internet

Pertama sekali setelah sekian lama tidak menulis artikel tentang perkembangan jaringan komputer saat ini. Semoga untuk kedepan dan seterusnya mulai memberikan sumbangsih buat kemajuan dan referensi ilmu komputer indonesia.

 

Internet yang kita kenal sekarang ini telah sangat berkembang menjadi suatu teknologi dunia yang dipergunakan hampir seluruh lapisan/kalangan baik itu profesional maupun masih tingkat dasar. Perkembangan tersebut telah membawa masyarakat kepada era mobilitas yang sangat cepat, efisien, reliable, dan tangguh. Dengan internet kita dapat menjelahi berbagai seluk-beluk dunia baik negara, masyarakat, perekonomian, seni & budaya, pariwisata, individu dan lain sebagainya. Internet memberikan kemudahan kepada kita untuk menjalin hubungan dengan orang lain yang berada di negara lain sehingga jalinan hubungan sosial antar individu dapat terbentuk tanpa harus bertatapan langsung dengan orang tersebut.

Teknologi internet yang menopang perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi (ICT) merupakan teknologi komputerisasi untuk memberikan layanan baik informasi dan komunikasi hingga dapat dikenal seluruh penjuru dunia yang dapat mengakses Internet. Untuk dapat menyampaikan suatu informasi tersebut, internet memerlukan alamat identifier yang lebih kenal sebagai Internet Protocol (IP) sebagai identitas alamat agar dapat mengirim dan menyebarkan suatu informasi kepada alamat lainnya pada internet. Dengan IP tersebut kita dapat bergabungan dalam suatu komunitas super besar yang juga memiliki alamat IP. Internet protokol yang dipergunakan sekarang dan sebelumnya yaitu IPv4 (Internet Protocol version 4) dimana memiliki sekitar 4 miliar alamat IP artinya IPv4 hanya sanggup menyediakan alamat identitas diinternet sebanyak 4 miliar saja. Alamat IPv4 tersebut dipergunakan berbagai kebutuhan baik bisnis, sosial, publikasi, aplikasi & software, gadget dan masih banyak lagi. Akan tetapi 4 miliar alamat IPv4 telah mencapai saat yang sangat krusial untuk pertumbuhan internet global. Internet akan berhenti berkembang akibat stok IPv4 tinggal sedikit dan bahkan tidak lama lagi akan habis, artinya INTERNET AKAN BERHENTI.

Jauh sebelum masalah stok IPv4 ini akan habis yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan internet dunia, para insinyur-insinyur jaringan komputer dunia telah mengantisipasi hal ini. Membuat suatu evolusi terhadap alamat IP yang tidak akan abis untuk beberapa masa kedepan. ini dilakukan agar dapat membangun infrastruk internet yang kuat dan handal serta lebih secure daripada IPv4 yang dipergunakan sekarang ini. Maka muncullah internet protokol versi baru yaitu IPv6 (Internet Protocol version 6) disebut juga sebagai IPng (Internet Protocol next generation). IPv6 akan mengantikan IPv4 sebagai fondasi internet dunia saat ini. Motivasi untuk mengganti IPv4 kepada IPv6 tidak lain karena keterbatasan jumlah alamat IP diberikan oleh IPv6, juga terlalu rumitnya sistem pengalamatan pada IPv4 sehingga diperlukan pengetahuan lebih untuk membangun sistem jaringan yang handal.

IPv6 memiliki banyak keunggulan dibandingkan IPv4 diantaranya jumlah alamat IP sekitar 3,402 x 10 pangkat 38, struktur routing disusun secara hirarki,  dukungan IPsec pada IPv6 agar lebih aman pada saat komunikasi data dan masih banyak lagi keunggulan lain diberikan IPng ini. Berikut beberapa hal mengapa dibutuhkan IPv6,

  1. Alokasi alamat IP untuk beberapa masa/dekade kedepan
  2. Permasalah pada NAT menghalangi penggunaan aplikasi realtime yang memerlukan hubungan dua arah (VoIP, Videoconference, Game jaringan, IPsec)
  3. Alamat yang unik dan mempunyai beberapa level hirarki berbasis prefix, sehingga mengurangi table routing dan efisiensi routing backbone.
  4. Auto-renumbering
  5. IPSEC include (SSL for TCP no UDP but IPSEC both) untuk autentikasi dan enkripsi.
  6. Mendukung enkapsulasi diri sendiri dan protocol lain.
  7. QoS lebih terjamin dengan adanya Flow Label pada header IPv6
  8. Solusi PnP pada IPv6 dengan protocol neighbor discovery sebagai solusi dari masalah ARP

Sudah saatnya internet protocol version 4 yang telah membangun internet dunia seperti sekarang digantikan dengan IPv6 memberikan banyak kelebihan dibandingkan IPv4.

Pertumbuhan dan kemajuan Internet harus tetap dilakukan serta dihadapi karena tanpa internet, pertumbuhan teknologi dunia akan tersendat hal tersebut berakibat bagi kemajuan suatu negara dan dunia secara global. Melihat begitu vitalnya internet bagi dunia, maka persiapkan diri kita untuk bergabung pada teknologi IPv6 sebagai teknologi Internet Protocol next generation.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: