about my job (Cerita lain…)

Tempat paling pas buat ngoprek computer dan konfigurasi jaringan hanya di IMILKOM. Mau tahu gimana situasi di sana ( jangan dech …kacau banget berantakan gitu ), walaupun berantakan udah lumayan sering lah di masukkin ke acara TV ( sctv, Global tv dah pernah nanyangin Imilkom ..!!!!). Banyak sie kerjaan di ruang imilkom seperti main game, ngikutin kompetisi  TOP CODER, rakit komputer pc/laptop and many more. Tapi kegiatan paling sering dilakuin maen game(Dota … 🙂 ). Soalnya lagi pada stress anak – anak imilkom sekarang ini pening mikirin Skripsi yang gak selesai. Tiap hari ada aja yang main Dota, senior dan junior nya ikutan maen dota.

Tapi buwat aku sie maen game itu hanya buwat hiburan aja, gak terlalu didalami game dota. Aku lebih sering ngutak – atik packet tracert, mendesain dan konfigurasikan network – network yang  lagi dibuwat. Kadang – kadang nyobain konfigurasi ke router yang nyambung di laptop ku ( …HP 500). Konfigurasi nya simple aja kok tinggal kopikan dari packet tracert truss edit aja ke router terminalnya dan jalankan … selesai. Kalo ada something trouble ama routing tabel, aku cari aja di internet (kan banyak tutorial networking …) aplikasikan ke konfigurasi router. Sekarang lagi sibuk – sibuknya nyari solusi buwat jalankan GNS3 di laptop aku. Kebetulan packet tracert yang ada banyak gak support ama konfigurasi router. Contohnya konfigurasi BGP, Frame-relay, OSPF (ada sie konfigurasi jalan tapi gak semua). Rencana sie mau nyobain konfigurasi router BGP, but packet tracert nya gak ngedukung ke router bersangkutan. Udah nyobain GNS3, terlalu banyak makan memory sampe2 labtop aku hang gak bisa jalan kalo ngejalankan simulator GNS. Rencananya aku mawu ngistall GNS3 di Linux aja, kebetulan Linux kan punya memory swap jadi swapnya bisa digedein buat nampung aplikasi GNS nya tapi belon nyoba. Kalo ada kesempatan aku mau nyobain GNS3 di Linux.

Selain kegiatan diatas sering juga sie nyoba – nyoba install system operasi selain windows dan linux kecuali keluarga BSD, aku belon pernah nyoba di labtop aku. Sistem operasi seperti Solaris, Minix udah pernah nyobain hasilnya laptop aku sekarang hancur (rusak gitu …). Tapi gak masalah yang penting ilmu broo .Dari hasil installasi system operasi itu lumayan lah buat nyobain system operasi selain windows (hehehe…). Kadang – kadang bareng ama teman nginstalin system operasi kayak linux, dan lumayan sekarang udah mulai banyak yan make linux sebagai system operasi pengganti windows yang comersil tu.. Tukar – tukar info dengan teman setingan – setingan linux.

Aku make system operasi Solaris gak Linux soalnya lebih keren ( gak juga …ahh). Solaris lebih aku pilih sebgai system operasi alternatif karena lebih baik dan terjamin dari pada Linux. Solaris lebih banyak kelebiahan nya ketimbang linux contohnya pada solaris punya filesystem yang handal ZFS, Dtrace-fitur (suatu fitur yang mendeteksi masalah yang timbul ketika mau ngembangin/lakukan settingan pada system solarisnya), process right management( suatu fitur yang dapat menjaga kelemahan suatu system agar gak
imbas ke system – system lain). Tapi karena artikel untuk solaris lebih banyak pake bahasa inggris, mau gak mau harus belajar bahasa inggris juga (bosan juga ngartikan bahasa inggris terpaksa pake software kamus lagi  ).

Kegiatan lain diluar Imilkom gak ada tu, soalnya siang gak pernah bangun (tidur truss ,,, abis begadang semalam paginya ngantuk), tapi kalo ada jadwal kuliah pagi kadang ikut kadang juga nitip absen ama temen. Sering juga sie keluar nyari pemandangan lain di sekitar kampus liatin anak USU. Kalo ada acara band kita
sering liat apalagi band – band terkenal yang manggung di kampus USU pasti ramelah yang liatin khususnya cewe – cewe :). Kegiatan lain misalnya diskusi ama temen – temen bahas tentang perkembangan jaringan computer juga sering diikuti. Kebetulan imilkom punya komunitas sendiri yang ngebahas masalah tersebut dan aku salah satu anggota komunitas. Namanya NOS (Network and OpenSystem) yang baru aja berdiri. NOS sendiri punya visi dan misi buat ngebantu temen – temen yang punya masalah sekitar dunia computer khususnya masalah networking. Akhir – akhir ini NOS diskusi NOS udah mulai gak jalan, temen – temen lain lagi sibuk ngerjain skripsinya masing –masing ( ….pusing ).

2 comments
  1. stefcasiopea08 said:

    koq bisa rusak?gw install solaris 10 baek2 aja tuh..btw kalo gns3 bisa pake tools untuk free memory,tp gw lupa namanya 🙂

  2. giat said:

    Makasi buat masukan nya ..

Leave a Reply

