OpenSource Universitas Sumatera Utara (USU)

Memperhatikan perkembangan opensource sekarang berarti juga perkembangan system operasi Linux. Untuk sekarang system operasi Linux mengalami perkembangan begitu meyakinkan terlihat dari begitu banyaknya komunitas – komunitas pecinta Linux. Salah satu alasan Linux lebih cepat diterima di kalangan masyarakat adalah system software nya yang opensource . Tidak seperti Sistem Operasi Windows yang comersil dan diperdagangkan hal tersebut membuat banyak kalangan tertentu mengkopi file windows dan dijadikan sebagai versi bajakan yang tidak original.Hal tersebut banyak sekali kita jumpai di negeri ini.

Sistem operasi Linux telah merambah ke berbagai  kalangan muda khususnya mahasiswa dan para pelajar sekolah tingkat atas. Kemudahan dalam penggunaan linux menjadi alternatif pemakaian system operasi tersebut disamping system operasi yang gratis. Source code Linux dapat di modifikasi dan dikembangkan oleh developer – developer tertentu dan hal tersebut membuat begitu banyak distribusi(distro) Linux sekarang. Dan hampir tiap distro – distro linux memiliki  komunitas sendiri yang dapat bertukar informasi seputar distro yang pergunakan.

Salah satu  instansi pendidikan yang mulai memakai system operasi Linux yakni Universitas Sumatera Utara (USU). USU mulai beralih kesistem operasi opensource hal tersebut dilakukan mengingat mulai banyak aksi sweeping guna merazia software – software bajakan yang dilakukan oleh aparat terkait. Pemakaian system operasi linux pada universitas sumatera utara sudah di mulai sejak tahun 2000 akan tetapi mulai diminati pada tahun 2004. Sampai sekarang pemakai linux untuk kampus USU sudah mulai banyak hal tersebut terlihat  berdirinya suatu pusat komputerisasi berbasis linux, dan distro linux yang dipergunakan yakni fedora 5.0.

Di USU sendiri terdapat suatu kampus yang banyak memakai system operasi linux (Ubuntu). Kampus Ilmu Komputer S-1 USU merupakan kampus yang telah lama memakai system operasi linux akan tetapi sekarang mengalami perkembangan begitu cepat. Kebanyakan mahasiswa telah mengenal dan memakai linux sebagai system operasi walaupun pemakaiannya masih Dual-Boot paling tidak pengenalan linux sudah mulai dirasakan oleh orang – orang yang belum pernah merasakan sama sekali.

Sering sekali saya perhatikan  linux dipakai sebagai pengganti windows yang telah mendarah daging sejak dulu. Pemakaian Linux lebih ditujukan sebagai riset maupun  praktek  guna mendalami system networking. Seperti kita tahu Sistem Operasi Linux dikenal sebagai system operasi yang handal dimana tingkat sekuritas terjamin. Pemakaian distro ubuntu diperlukan karena ubuntu mudah dioperasikan dan lebih bersahabat. Seperti diketahui salah satu hal membuat linux sulit diterima oleh masyarakat luas sulit untuk mengoperasikan. Terlalu banyak  konfigurasi yang harus dilakukan pada suatu aplikasi. Tidak  sebaliknya dengan distro yang ini(ubuntu).

Dengan berbagai aplikasi yang terdapat pada linux membuat system operasi ini mulai diperhitungkan sebagai system operasi alternative pengganti system operasi windows. Begitu banyaknya aplikasi – aplikasi pada linux, sehingga aplikasi yang ada pada windows dapat dijalankan di Linux.

Kembali ke USU, pemakaian linux mulai diterima oleh mahasiswa – mahasiswa lain seiring perkembangan dunia informasi  tidak terkecuali mahasiswa dari fakultas – fakultas lain memakai sistem operasi linux sebagai pengganti sistem operasi yang selama ini banyak dipergunakan. Mudah – mudahan dengan pemakaian Linux pada Universitas USU dapat menjadi inspirasi ke universitas – universitas lainnya.                go opensource …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: