Free and OpenSource

Mendengar kata Free and OpenSource pastilah kita tahu sebagai suatu software maupun apalikasi yang bebas tidak bersifat comersil. Akan tetapi tidaklah sebaliknya pada perusahaan – perusahaan besar bergerak untuk opensource seperti Perusahaan pencetus sistem operasi Linux dan Sun Microsystem dengan sistem operasinya Solaris. Linux dan Solaris merupakan sistem operasi yang opensource, sebaliknya Windows miliknya Microsoft bersifat comersil yakni suatu lisensi yang harus dibayar apabila ingin memiliki aplikasi atau software keluaran Microsoft.

Linux dan Solaris dengan bergabagai produk free akan tetapi dengan lisensi yang berbeda – beda. Kebanyakan para pemakai produk opensource kadang dibuat bingun akan hal tersebut. Jika Linux memakai lisensi GPL(General Public Lisence) sedangkan Solaris memakai lissensi CDDL(Common Development and Distribution License). Banyak orang berpendapat lebih menyukai lisensi CDDL karena disamping mempraktekkan dan mengembangkan intelektual kedalamnya kita juga dapat memperoleh penghasil dari hal tersebut yang artinya kita dapat menyerbarluaskan penemuan kita peroleh serta memasarkan kepada masyarakat luas. Hal tersebut terjadi pada negara India yang memperbolehkan negara(masyarakatnya) mengembangkan ide – ide baru pada produk Sistem operasi Solaris.

Sebaliknya untuk sistem operasi linux dengan lisensi GPL tidak jauh berbeda dengan lisensi CDDL. GPL juga lisensi dengan kebebasan pemakaian produk yang dihasilkannya . Akan tetapi kebijakan tiap – tiap vendor pembuat lisensi tersebut yang jadi acuan sebenarnya untuk suatu lisensi.

Sebagai suatu pendapat menyatakan bahwa Sun merelease CDDL adalah suatu tindakan penghargaan kepada para developer – developer/pengembang software dan aplikasi Solaris karena developer merasa dihargai dengan adanya royalti karena dapat merubah lisensi hasil karya mereka. Dengan berbagai perbedaan yang ada pada GPL maupun CDDL maka para pemerhati maupun praktisi IT perlu mempertimbangkan dalam pemakai Sistem Operasi, software maupun aplikasi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam hal perusahaan opensource.

Dengan info diatas mudah – mudahan dapat membuka wawasan anda akan pernyataan mengenai opensource yang sekarang ini sedang hangat – hangatnya dibicarakan terutama para pengguna sistem operasi Linux dan Solaris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: