Solaris 10 sistem operasi handal

Sun Microsystem telah meluncurkan system operasi terbaru mereka Solaris 10. Disamping menjanjikan performa yang lebih cepat (40% lebih cepat dibanding Solaris 9 untuk kinerja WebServer baik pada mesin SPARC maupun x86), Solaris 10 juga dilengkapi dengan banyak fitur-fitur penting. Sebut saja Dtrace-fitur (suatu fitur yang menjanjikan kemampuan deteksi masalah yang mungkin timbul dalam pengembangan system), Process Right Management (fitur yang banyak digunakan oleh badan-badan pemerintahan Amerika untuk keamanan system komunikasi; fitur ini menjamin bahwa kelemahan dalam aplikasi tidak akan merusak system lainnya).

Fitur Predictive Self Healing memungkin Solaris 10 mendiagnosis, mengisolasi dan kemudian memperbaiki kerusakan pada piranti lunak dan aplikasi. Untuk interoperabilitas dengan system operasi linux, Solaris 10 menyediakan Linux Application Environment, yang memnungkinkan suatu applikasi dapat berjalan pada kedua system operasi tersebut. Untuk melindungi integritas data, fitur ZFS mampu melindungi integritas data sampai dengan 99,9999999999999 % dari kesalahan deteksi. Disamping itu ZFS mempunyai kapasitas 16 Miliar kali lebih dibanding system 64 bit yang ada saat ini. Beberapa fitur lain seperti Native Windows file and print services, serta kemampuan menjalankan distribusi Tomcat, PHP dan MySQL juga bisa menjadi pertimbangan untuk mengadopsi system operasi ini, disamping bahwa Solaris 10 itu sendiri free alias Gratis.

Begitu banyak solusi yang ditawarkan olen SUN melalui Solaris 10 ini, diantaranya

Innovation Pay

Solaris 10, merupakan hasil inovasi secara nyata dan terus menerus. Solaris 10 telah didesain untuk memberikan kemampuan yang handal serta fitur fitur yang inovatif untuk anda sehingga mampu mengurangi biaya dan kompleksitas sistem operasi.

Relentless Availabilitys

Kemampuan Solaris 10 seperti Predictive Self Healing (mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sebelum anda mengetahunya) dan Solaris ZFS (zeltabyte flesystem) membantu system anda untuk selalu hidup. Jika anda menghendaki untuk direstart maka anda bisa merestart dan solaris 10 disa di booting 65% lebih cepat dari solari 9.

Extreme Performances

Solaris 10 telah memanfaatkan momentum peningkatan performance untuk lebih meningkatkan performance pada tingkat yang lebih tinggi dengan menulis ulang TCP/IP stack dan mengoptimizekan performance untuk multithread processor dan arsitektur x86. Solaris tidak melupakan. Kami menambahkan DTrace, suatu engine system diagnostic real time yang dibangun untuk production system anda.

Optimals utilization

Pada iklim bisnis seperti sekarang ini, semua orang tahu bahwa mereka harus mendapatkan lebih banyak dari apa yang ada pada data yang tersedia. Dengan Solaris 10, anda bisa mengoptimalkan penggunaan dengan menjalankan applikasi independent.pada hardware yang sama. Solaris Container memungkinkan anda menjalankan applikasi dengan environment-nya sendiri.

Unparallel Security

Solaris 10 mengembangkan Process Right Management dari Trusted Solaris. Solaris juga mengembangkan Cryptographic Framework nya untuk memberikam Administrator suatu kemampuan yang lebih dalam menentukan proteksi mana yang harus diterapkan untuk environment tertentu. Solaris 10 juga mengembangkan system operasi yang mampu memproteksi anda dari gangguan pihak lain serta memproteksi anda dari anda sendiri.

Platform Choices

Kadang “1 ukuran pas untuk semua” adalah pilihan yang terbaik. Sun telah dengan sangat hati-hati mengoptimisasi Solaris 10 untuk setiap platform yang mendukung, untuk memastikan anda memperoleh semua kemampuan hardware anda. Sun telah memperkuat dukungan terhdadap 32bit support pada Xeon Processor MP, dan menambahkan 64 bit opteron AMD dan mengoptimalkan performa untuk UltraSPARC IV terbaru. Jadi tak ada masalah dimana anda akan menimplemnetasikan Solaris 10, anda tetap mendapatkan performa terbaik.

Interoperables

Sun telah membangun Solaris 10 sangat kuat dalam interoperabilitas dengan linux (salah satu system operasi unix like yang sangat digemari saat ini). Anda tidak memerlukan emulator, rekompilasi dan tanpa penurunan performa. Pendek kata applikasi linux dapat berjalan di Solaris 10 secara native. Bahkan Sun menjamin bahwa jika anda ingi menjalankan di mesin UltraSPARC anda tidak akan menemui banyak masalah dalam rekompilasi, karena Solaris dikerjakan pada basis open standar sehingga membuat transisi menjadi sedemikian mudah dibanding sebelumnya.

Guaranteed Application Compatibilitys

Solaris 10 benar-benar merupakan operating system baru dengan alasan apapun, dan alasan terpenting adalah bahwa system operasi ini masih sama dengan apa yang pernah anda pergunakan selama bertahun-tahun artinya applikasi anda sekarang masih bisa berjalan di Solaris 10 tanpa kesalahan. Jika memang terjadi kesalahan maka Sun akan memperbaiki.

More  just operating systems

Bukan sekedar system operasi biasa, Solaris 10 melengkapi dirinya dengan Sun Studio Developer Tools yang dengan semua fiturnya memungkinkan anda untuk mengoptimize kan kerja pengembangan anda. Sun Cluster memberikan pada anda tambahan opsi high availability dan manageability untuk mengembangkan arsitektur data center anda. Ada banyak dan banyak sekali pilihan dari manajemen identitas, desktop, kolaborasi, portal dan lainnya. Semuanya telah tersedia untuk dapat segera dan secara cepat serta mudah dintegrasikan dengan pemimpin UNIX operating system yang ada sekarang : SOLARIS!

World Class resources & services support

Menilik inovasi solaris 10 pada sisi teknikal, Sun Solaris Service Plans mengantarkan secara inovatif bundle paket dan harga berbasis pada subskripsi untuk mendapatkan support Solaris 10. Sebagai tambahan Sun juga menawarkan tambahan resource termasuk Early Advantage Training Program milik Sun pada portal BigAdmin untuk membantu anda jika anda memerlukan bantuan sekecil apapun.

Salah satu Program yang paling populer untuk kalangan praktisi IT dan para pakar program yaitu  Top Coder yang telah banyak menghadirkan programmer – programmer dunia yang handal. Top coder juga pernah menghadirkan juara dari Indonesia untuk Desain top coder ( Studio Top coder ) dan ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi negeri kita.

Dengan ini mudah – mudahan pandangan anda dapat atas Sistem Operasi Solaris ini dapat jadi pertimbangan yang berarti untuk studi anda terhadap Sistem Operasi .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: